Minggu, 28 Oktober 2012

Hasil Pertandingan: Chelsea 2-3 Manchester United


Manchester United suskes mempermalukan Chelsea 3-2 di kandang sendiri dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stamford Bridge, Minggu (28/10) malam WIB.

Gol penentu kemenangan The Red Devils dicetak Chicharito pada menit ke-75 setelah tim tuan rumah bermain dengan sepuluh orang karena dua pemain mereka mendapat kartu merah.

Dengan kemenangan ini, United kembali naik ke peringkat kedua klasemen sementara dengan menggeser Manchester City, meski sama-sama memiliki poin 21. Posisi Chelsea di puncak tetap tak tergoyahkan, meski kini hanya terpisahkan satu angka dari para rival. Dipastikan, kompetisi berlangsung sangat segit mulai dari pekan ini.

Babak Pertama

Manchester United langsung mengurung pertahanan Chelsea di awal babak pertama. Usaha itu berbuah hasil saat pertandingan baru memasuki menit ketiga. Berawal dari sodoran Ashley Young kepada Wayne Rooney, dan diteruskan dengan umpan kepada Robin van Persie. Striker asal Belanda itu melepaskan tendangan ke arah gawang yang sebelumnya sempat membentur tiang gawang kemudian mengenai kaki David Luiz, dan bola justru masuk ke gawangnya sendiri.

Pada menit ke-12, fans United bergemuruh menyambut gol van Persie. Berawal dari kerjasama Rafael dan Antonio Valencia di sisi kiri pertahanan Chelsea, pemain yang terakhir mengirim umpan cantik kepada van Persie di tengah kotak penalti dan dilanjutkan dengan sontekan manis ke dalam gawang, tanpa bisa dihalau Petr Cech.

Valencia mengancam pertahanan Chelsea pada menit ke-29, meski peluang pertama mampu digagalkan Gary Cahill dan peluang kedua dihalau Ashley Cole ke luar lapangan. Beberapa saat kemudian, Rooney melepaskan tendangan ke arah gawang dan sempat melambung, namun mampu ditangkap dengan baik oleh Cech.

Pada menit ke-35, Branislav Ivanovic melepaskan tendangan keras ke arah gawang, yang mampu dimentahkan Jonny Evans dengan kakinya, meski bola menyamping tipis di sisi kanan gawang David De Gea. Satu menit berselang, lewat umpan sepak pojok, sundulan Cahill masih belum menemui sasaran karena masih membentur kaki Rio Ferdinand.

De Gea melakukan penyelamatang gemilang saat pertandingan menyisakan empat menit lagi. Tinggal berhadap-hadapan dengan sang kiper, Fernando Torres melakukan sepakan keras dari sudut sempit di dekat kiri gawang. De Gea dengan sigap mampu mentips bola.

Pada menit ke-43, Rooney melakukan pelanggaran di area berbahaya, tepatnya di depan kotak penalti. Tendangan bebas mampu dimaksimalkan oleh Mata, dengan mengarah bola ke pojok kanan gawang, tanpa bisa digapai De Gea.

Kerjasama apik Torres dan Mata nyaris membuahkan gol penyama kedudukan untuk Chelsea jelang pertandingan babak pertama akan berakhir. Torres mengirim umpan kepada Mata yang masuk ke kotak penalti dan melepaskan tendangan ke arah gawang, namun bola mampu dibaca dengan baik oleh De Gea. Pertandingan babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-1 untuk tim tamu.

Babak Kedua

Pertahanan United kocar-kacir pada menit ke-53. Berawal dari pergerakan Mata di sisi kiri kotak penalti United, bola kemudian mengarah kepada Oscar di sisi kanan. Pemain asal Brasil itu kemudian melepaskan umpan ke depan gawang, dan sudah ada Ramires yang melakukan sontekan keras ke tengah gawang, tanpa bisa dihalau De Gea.

Beberapa menit berselang, sontekan Eden Hazard nyaris membawa timnya unggul andai bola tidak menyamping di sisi kanan gawang De Gea.

Chelsea harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Ivanovic mendapat kartu merah karena melanggar dengan keras terhadap pergerakan Young di depan kotak penalti tuan rumah. Setelah gerak tipu yang dilakukan van Persie dan Young, Rooney kemudian melepaskan tendangan yang masih tipis di atas mistar gawang.

Sir Alex Ferguson berusaha menambah daya serang tim dengan memasukkan Javier Hernandez dan menarik keluar Tom Cleverley pada menit ke-65.

Chelsea kembali harus kekurangan pemain setelah Torres mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah karena dianggap wasit melakukan diving saat Evans berusaha melakukan penjagaan terhadap pergerakan striker asal Spanyol itu di depan kotak penalti United.

Ferguson menarik keluar Rooney, yang tampak kelelahan dalam pertandingan ini, dengan memasukkan Ryan Giggs pada menit ke-74. Satu menit berselang, strategi sang manajer berbuah hasil. Chicharito, yang baru masuk selama sepuluh menit, akhirnya kembali membawa tim tamu unggul. Berawal dari aksi van Persie yang menerima umpan Michael Carrick, tendangan sang striker mampu ditips Cech dan bola disapu rekannya. Bola justru menghampiri Rafael yang kemudian mengirim umpan kepada Chicharito yang sudah ada di depan gawang dan dengan mudahnya menceploskan bola. Dalam tayangan ulang terlihat kalau ia sudah terjebak off-side, namun wasit tidak menganggap demikian, apalagi permainan berlangsung sangat cepat.

Chelsea memiliki peluang bagus pada menit ke-80. Hazard yang bergerak sendirian di depan berusaha mengancam pertahanan lawan dengan melepas tendangan ke arah gawang, namun mampu dimentahkan De Gea. Hazard kemudian ditarik keluar dan digantikan Daniel Sturridge.

Saat pertandingan menyisakan dua menit lagi, van Persie tampak kesakitan usai berusaha menendang bola dan kemudian bertabrakan dengan Cahill. Setelah mendapat perawatan medis, sang striker akhirnya bisa kembali melanjutkan permainan.

Saat tambahan waktu, Valencia memiliki peluang untuk memperbesar keunggulan andai ia tidak terburu-buru dalam melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Tidak jelas, apakah umpan atau tendangan langsung, bola menyamping jauh di sisi kanan gawang Cech. Di sisa pertandingan ini, United lebih suka mengamankan keunggulan 3-2, sebagai modal penting untuk bisa menjaga persaingan meraih gelar musim ini.

Chelsea Starting XI: Cech; Ivanovic, Cahill, Luiz, Cole; Ramires, Mikel; Hazard, Oscar, Mata; Torres.

Subs: Turnbull, Azpilicueta, Bertrand, Romeu, Marin, Moses, Sturridge.

Manchester United Starting XI: De Gea; Rafael, Ferdinand, Evans, Evra; Carrick, Cleverley; Valencia, Rooney, Young; Van Persie.

Subs: Lindegard, Giggs, Hernandez, Welbeck, Anderson, Nani, Scholes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar