Sabtu, 28 Juli 2012

Rene Alberts Siap Tangani Persib


ROBERT Rene Alberts siap menjadi pembesut Persib Bandung musim depan. Pelatih asal Belanda tersebut bahkan sudah mengajukan penawaran besaran kontrak ke manajemen Maung Bandung.

Mantan pelatih Arema Indonesia, PSM Makassar dan Sarawak FA tersebut menyampaikan kesanggupannya melalui agennya, Julies Onana ketika dihubungi Tribun, Jumat (27/5).

"Pak Rene sudah ambil keputusan, dia siap melatih Persib musim depan," ujarnya.

Ia mengatakan, ada sejumlah kandidat pelatih yang akan melatih Persib. Namun, setelah beberapa kali melakukan pertemuan dengan manajemen Persib, kata Onana, manajemen lebih gencar melakukan pembahasan terkait Rene.

"Kemarin-kemarin kalau saya lihat di pemberitaan, ada beberapa kandidat pelatih yang diusung oleh manajemen. Tapi, pembahasan kemarin lebih gencar membahas pak Rene," katanya.

Namun, kata Onana, meski Rene telah menyatakan kesiapannya, pihak manajemen Persib sendiri belum memberikan jawaban. "Nanti mungkin akan dibahas dulu dengan internal mereka," katanya.

Kalaupun ada pembahasan lanjut terkait kesiapan pelatih berusia 57 tahun tersebut, lanjut Onana, pihaknya segera akan membahasnya dengan manajemen. Mulai dari evaluasi pemain dan evaluasi kekalahan Persib Bandung di musim lalu.

"Termasuk soal pembahasan apakah perlu pemain baru atau seperti apa serta banyak hal-hal teknis lainnya yang perlui dibahas satu meja dengan mereka. Selebihnya, kami tidak mengajukan hal-hal lain kepada manajemen," ujarya.

Disingung mengenai kontrak, kata Onana, sebelum pembahasan komprehensif, pihak manajemen telah menanyakan nilai transfer Rene Alberts jika melatih  Persib dan Onana telah menyebutkan nilai tersebut.

"Namun karena belum resmi, saya belum bisa sebutkan nilainya berapa. Nanti saja kalau sudah ada keputusan resmi, " katanya.

Onana juga menjelaskan beberapa alasan Rene mau melatih Persib Bandung. Di antaranya, kata dia, Rene sudah jatuh cinta dengan Kota Bandung. Sebelumnya, ketika melatih Malaysia, Rene sempat mengajak 10 pemainnya di Malaysia ke Bandung. "Semenjak itu, ia mulai suka dengan Kota Bandung," katanya.

Selain itu, Rene tertarik dengan pendukung Persib Bandung, Bobotoh yang sudah terkenal di Indonesia. "Memang, saat ini banyak tim-tim dengan suporter fanatisnya. Tapi, Bobotoh itu beda dan cukup tua juga di Indonesia," katanya

Alasan lainnya yang penting, Onana menjelaskan bahwa Rene merasa tertantang untuk melatih Persib sebagai tim besar dan salah satu tertua di Indonesia.

"Persib itu klub besar dan melegenda di Indonesia. Namun, prestasinya beberapa musim ke belakang kurang memuaskan. Karenanya, Rene merasa tertantang untuk melatih Persib dan membawa Persib Bandung lebih baik dari sebelumnya," jelas Onana.

Satu hal lagi, kata dia, di antara klub-klub di Indonesia, baik di ISL maupun di IPL, Persib Bandung termasuk salah satu klub yang memiliki manajemen keuangan yang baik.

"Kami enggak basa-basi, Persib itu klub besar dengan manajemen finansial yang sehat. Dan tentunya itu turut menjadi pertimbangan Rene untuk bergabung dengan Persib di musim depan," katanya.

Manajer Persib Bandung H Umuh Muhtar belum mengetahui soal kepastian hal tersebut. Namun, yang pasti, kata dia, pihaknya masih membahas materi-materi persiapan kompetisi musim depan. "Termasuk kalau nanti menggunakan pelatih lokal atau asing," katanya.

Senada dengan Umuh, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono mengaku belum memutuskan hal tersebut meski Rene Alberts melalui agennya Julies Onana, telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Persib Bandung.

"Soal itu nanti akan di bahas di rapat minggu depan, termasuk soal siapa pelatih, persiapan tim di musim depan hingga nilai anggaran yang disiapkan," kata Kuswara kepada Tribun melalui sambungan telepon.(*)

Sumber : Goal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar